Contact : +62 857-9282-6389

/

e-mail : info@harijanto-consulting.com

Sudah pikirkan 3 hal ini buat Masa Depan?

Apa tujuan keuangan anda untuk belasan tahun atau puluhan tahun ke depan? Aduuuh, ngapain juga mikirin keuangan belasan atau puluhan tahun ke depan, kurang kerjaan apa ya? Mikirin keuangan sekarang aja susah!

Ya bener juga sih, keuangan sekarang aja lagi susah, ngapain mikirin masa depan. Tapi mungkin kita lupa, hari ini adalah masa depan kita beberapa tahun lalu, dan akan menjadi masa lalu di beberapa tahun ke depan. Maksudnya gimana?

Ok, anggaplah keuangan di masa kini memang jelek. Tapi jangan-jangan ini karena efek kebiasaan masa lalu kita? Di masa lalu kita gak pernah mikirin keuangan masa depan, akibatnya keuangan masa kini (yang notabene adalah masa depannya masa lalu, bingung gak?) jadi jelek. Nah, kalau kita ingin keuangan masa depan kita (yang akan menjadi masa kini pada saatnya nanti) gak jelek, berarti kita harus mempersiapkan sejak sekarang. 

Apa saja yang harus kita siapkan untuk masa depan. Ada banyak sekali, tapi untuk jangka panjang paling tidak kita bisa siapkan tiga hal berikut ini:

  1. Investasi. Salah satu tujuan keuangan jangka panjang yang penting adalah membentuk portofolio investasi yang menguntungkan. Dalam hal ini, anda dapat mempertimbangkan berbagai instrumen investasi seperti saham, reksa dana, properti, atau investasi lainnya. Untuk berinvestasi properti anda mungkin sudah tau caranya, paling tidak anda tahu bagaiman membeli properti dan kemudian menyewakannya. Berinvestasi di saham dan reksa dana juga saat ini sudah jauh lebih mudah, ada banyak aplikasi di smartphone yang bisa digunakan untuk membeli saham atau reksa dana.
  2. Dana Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pendidikan adalah investasi berharga bagi masa depan anak-anak. Tujuan keuangan jangka panjang ini melibatkan menabung secara khusus untuk biaya pendidikan anak di perguruan tinggi. Melihat tren biaya pendidikan yang terus meningkat, memiliki tujuan yang jelas dan menyisihkan dana secara teratur akan membantu anda mempersiapkan biaya pendidikan anak yang akan datang tanpa membebani keuangan keluarga. Anda dapat mempertimbangkan rencana tabungan pendidikan atau investasi yang sesuai dengan tujuan ini.
  3. Memiliki Rumah Sendiri. Tujuan keuangan jangka panjang yang umum adalah memiliki rumah sendiri. Rumah adalah aset berharga dan memiliki properti sendiri memberikan stabilitas finansial dan kebebasan. Mulailah dengan merencanakan dan menabung untuk membayar uang muka dan mengatur keuangan anda agar dapat memenuhi persyaratan pinjaman rumah. Dengan memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda dan melunasi cicilan secara teratur, anda akan menggapai tujuan memiliki rumah sendiri dengan sukses.

Nah, itulah 3 hal yang harus anda pikirkan mulai dari sekarang untuk tujuan keuangan keluarga jangka panjang. Letakan landasan yang kuat untuk mempersiapkan masa depan yang sejahtera secara finansial mulai dari sekarang.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika anda punya ide atau usul mengenai topik tulisan lain silahkan mengisi bagian komentar dibawah ini. Masukan, kritik, dan saran anda selalu kami hargai.

Leave a Reply