Contact : +62 857-9282-6389

/

e-mail : info@harijanto-consulting.com

Asuransi: Sebagian besar orang tidak suka, hanya sedikit yang punya! Kenapa ya?

Sebagain besar orang tidak suka asuransi, mereka cenderung menghindari pembicaraan mengenai asuransi. Mungkin anda termasuk orang yang langsung menolak jika ada tawaran asuransi baik langsung maupun melalui telepon. Jawaban yang biasa kita sampaikan adalah ‘saya tidak tertarik’, ‘maaf saya sedang meeting’, atau ‘saya sudah punya banyak asuransi’. Tapi kenapa ada sebagian orang yang malah mencari produk asuransi, dan ada juga yang ekstrim sampai punya beberapa polis asuransi?

 

  1. Penting nggak sih Asuransi?  Asuransi adalah alat pelindung, artinya asuransi berguna bila ada resiko. Sama seperti payung yang berguna bila kita ingin terlindung dari resiko  hujan atau panas. Apakah semua orang butuh payung?  Tidak juga sih, ada orang yang memilih alat pelindung lain seperti jas hujan atau topi. Atau bahkan ada orang yang merasa tidak masalah dengan hujan atau panas, jadi mereka merasa tidak perlu alat pelindung. Nah, asuransi fungsinya sama dengan payung, memberikan perlindungan terhadap resiko finansial dalam kehidupan. Asuransi melindungi dari risiko tak terduga, seperti sakit, kecelakaan, kerusakan properti, atau bahkan kematian. Tanpa asuransi, anda mungkin harus menanggung biaya yang besar dan mengalami kesulitan keuangan yang serius. Jelas ya, anda merasa tidak butuh asuransi karena anda tidak kuatir dengan resiko-resiko tersebut. Orang lain yang merasa tidak sanggup menanggung resiko tersebut memilih asuransi sebagai pelindung.
  2. Jenis Asuransi. Ada berbagai jenis asuransi yang tersedia, antara lain:
  • Asuransi kesehatan: melindungi anda dari pengeluaran biaya medis dan perawatan kesehatan yang terlalu besar.
  • Asuransi jiwa: melindungi keluarga anda agar bisa tetap hidup normal jika anda meninggal dunia.
  • Asuransi kendaraan: melindungi anda agar tidak keluar biaya terlalu besar jika kendaraan kecelakaan atau hilang.
  • Asuransi properti: melindungi rumah atau properti anda dari risiko kerugian akibat kebakaran, pencurian, atau bencana alam.
  1. Pilih Polis Asuransi yang Tepat:
  • Tentukan kebutuhan anda: lihat lagi poin nomer 2 di atas, anda butuh atau tidak? Kalau anda pikir resiko-resiko tersebut bisa ditanggung sendiri, jangan beli asuransi. Tapi kalau sepertinya anda tidak sanggup menanggung, ya silahkan beli asuransi. 
  • Teliti dan bandingkan: Cari tahu tentang perusahaan asuransi yang berbeda dan bandingkan polis asuransi yang mereka tawarkan, biasanya perbedaannya tidak signigikan. Pastikan perusahaan asuransi yang dipilih dan agen yang anda hubungi sangat bisa dipercaya.
  • Perhatikan premi dan manfaat asuransi: Periksa premi yang harus anda bayar dan manfaat yang akan anda terima dari polis asuransi. Kalau manfaatnya tidak sesuai harapan, untuk apa anda membayar preminya? Pastikan anda membayar premi untuk manfaat yang anda butuhkan.
  • Baca dengan seksama: Pahami syarat dan ketentuan polis asuransi sebelum anda menandatanganinya. Bila kurang jelas, tanyakan langsung kepada agen asuransi yang menangani atau cari referensi informasi yang bisa dipercaya.
  1. Periksa Polis Asuransi secara Berkala: Kebutuhan proteksi anda mungkin berubah seiring waktu. Tinjau kembali polis asuransi anda secara berkala dan pastikan masih sesuai dengan keadaan keuangan dan kebutuhan anda. Misalnya uang pertanggungan asuransi jiwa anda adalah 300 juta, seiring meningkatnya penghasilan maka kebutuhan hidup keluarga anda bisa jadi sudah jauh lebih besar. Jika anda meniggal dunia uang pertanggungan 300 juta itu mungkin terlalu kecil buat keluarga anda, maka anda perlu menyesuaikan polis asuransi agar bisa memenuhi kebutuhan yang sudah berubah.

Terlepas dari anda butuh asuransi atau tidak, asuransi adalah bagian penting dari perencanaan keuangan yang sehat. Melalui polis asuransi yang tepat, anda dapat melindungi diri dan keluarga anda dari risiko finansial yang tak terduga. Pertimbangkan kebutuhan anda, teliti polis asuransi yang tersedia, dan pastikan untuk meninjau kembali polis anda secara berkala. Dengan melakukan langkah-langkah ini, anda dapat memastikan bahwa masa depan keuangan anda aman dan terlindungi.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika anda punya ide atau usul mengenai topik tulisan lain silahkan mengisi bagian komentar dibawah ini. Masukan, kritik, dan saran anda selalu kami hargai.

Leave a Reply